Vlan Cisco

April 14, 2018


Hai semuanya lama tidak update lagi saya hhe, mohon maaf untuk semuanya karena saya baru update lagi karena kemarin saya sedang melaksanakan usbn dan un. oke langsung saja kita mulai ke materi vlan. Vlan (Virtual Lan)  adalah salah satu fitur yang dapat kita gunakan untuk membagi sebuah interface menjadi beberapa sub interface. Dengan menggunakan vlan kita bisa membuat beberapa network yang berbeda di dalam switch, tetapi host yang berbeda vlan tidak bisa saling berkomunikasi itulah yang membuat jaringan vlan menjadi lebh secure. Fitur vlan ini dapat di temukan di switch manageable, contohnya cisco. berbeda dengan switch unmanageable yang setiap portnya hanya bisa berkomunikasi dengan network yang sama. Oke langsung saja ke topologinya.



1. Pertama kita konfigurasi Switchnya, tambahkan beberapa vlan seperti topologi.


Switch>enable
Switch#configure terminal
Switch(config)#vlan 10
Switch(config-vlan)#name guru
Switch(config-vlan)#vlan 20
Switch(config-vlan)#name siswa
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#

2. Sekarang kita tambahkan beberapa interface ke vlannya masing masing.


Switch(config)#int fa0/1
Switch(config-if)#switchport access vlan 10
Switch(config-if)#int fa0/2
Switch(config-if)#switchport access vlan 10
Switch(config-if)#int fa0/3
Switch(config-if)#switchport access vlan 20
Switch(config-if)#int fa0/4
Switch(config-if)#switchport access vlan 20
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#

3. Untuk melihat konfigurasi yang telah kita buat, kita bisa mengetikan show vlan di mode Privilege Mode. namun kita juga bisa melihat dalam keadaan Global Configuration Mode dengan mengetikan do show vlan.









Dari tabel di atas bisa dlihat int fa0/1 dan fa0/2 sudah berada di vlan 10, begitu juga dengan int fa0/3 dan fa0/4 sudah berada di vlan 20.

4. Konfigurasi IP di setiap PC.
Vlan 10 = 192.168.1.1/24 dan 192.168.1.2/24
Vlan 20 = 192.168.2.1/24 dan 192.168.2.2/24
Lalu test dengan ping untuk yang vlannya sama pasti berhasil, namun jika kita test ping ke yang berbeda vlan pasti akan gagal.

Oke karena konfigurasi vlan sudah dilakukan dan vlan sudah bisa berkomunikasi dengan vlan yang sama berarti kita sudah berhasil membuat jaringan vlan. Cukup sekian materi vlan kali ini untuk ke depannya kita akan belajar lebih jauh lagi tentang vlan. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk membangun blog ini lebih jauh lagi. Terimakasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »